Cara Membuat Desain Kemasan Produk

 

Desain kemasan produk menjadi poin penting dalam keberhasilan bisnis, karena memiliki peran besar dalam menciptakan kesan konsumen terhadap brand maupun produk Anda. Kesan muncul saat pertama kali konsumen melihat produknya.

Kemasan adalah bagian dari tampilan luar. Nilai fungsi memang menjadi elemen penting suatu barang untuk bisa dipilih pembeli, namun kesan pertama atau tampilan luar adalah elemen pertama yang dilihat.

Sebagai elemen pertama, desain kemasan akan menimbulkan sebuah kesan. Apabila pembeli memiliki kesan baik terhadap produk, maka hal tersebut merupakan peluang besar bagi Anda untuk meningkatkan angka penjualan. 

Begini Cara Membuat Desain Kemasan produk

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat desain yang menarik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari “kemasan”. Disebut sebagai bungkus pada bagian luar barang, kemasan berkaitan erat dengan berbagai elemen.

Elemen tersebut antara lain, warna, tipografi, bentuk, struktur, material, dan beberapa aksesoris desain dilengkapi informasi-informasi penting sebuah produk. Kemudian, pastikan wadah tersebut mudah didistribusikan meski dalam jarak yang jauh.

Berkaitan dengan hal tersebut, inilah beberapa cara membuat desain agar menciptakan kesan baik terhadap konsumen :

1. Menentukan Segmentasi atau Target Market

Ketika memulai bisnis, setiap orang selalu menentukan target market melalui segmentasi, targeting, maupun positioning atau STP. Hal tersebut juga berlaku pada saat membuat sebuah desain. 

Segmentasi, Targeting, maupun Positioning tersebut berfungsi untuk menentukan selera pasar, tujuannya agar produk maupun bentuk packaging-nya disukai. Sehingga memudahkan penjual untuk menunggulkan produknya dihadapan konsumen.

Misalnya, produk yang dijual segmentasinya masyarakat berusia 50 tahun. Maka, target market Anda adalah orang tua. Pelajari selera mereka, sehingga bisa mengusung konsep sesuai dengan apa yang mereka suka. Hal ini berguna dalam penentuan range harga plastik kemasan yang akan Anda gunakan. 

2. Memberikan Informasi Tentang Manfaat Produk

Informasi adalah pesan penting bagi pembeli untuk membuat keputusan. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus memahami dengan baik berbagai konsep, keunggulan, serta kelemahan produknya sendiri. 

Dengan begitu pembeli dapat mempertimbangkan fungsi dan nilai barang yang Anda jual. Pastikan dalam membuat desain, informasi yang disajikan mudah dipahami dan cenderung mengutamakan kelebihan barang.

3. Menunjukkan Brand Secara Jelas

Dalam membuat brand, Anda harus memilih nama yang mudah diingat. Hal ini juga penting untuk membedakan produk atau brand Anda terhadap pesaing. Disini desain menjadi sangat penting karena mempengaruhi brand citra.

4. Fungsi Kemasan Produk dalam Bisnis Kekinian

Bukan hanya desain kemasan produk yang perlu diperhatikan. Anda harus mengetahui fungsi dari kemasan tersebut terhadap barang yang dijual. Fungsi pertama adalah menyampaikan informasi kepada pelanggan.

Beberapa jenis informasi penting untuk disampaikan diantaranya, petunjuk penggunaan, penyimpanan, bahan, peringatan, serta layanan apa yang bisa didapatkan oleh konsumen. Hal tersebut sangat berdampak terhadap pemahaman pembeli.

Fungsi selanjutnya adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap konsumen ketika hendak mendapatkan barang. Mulai dari proses pengangkutan, distribusi, hingga penyimpanan apabila tidak langsung digunakan.

Poin ketiga dari fungsi kemasan adalah untuk meningkatkan kekuatan produk maupun brand, sehingga angka penjualan juga semakin tinggi. Desain terbaik mampu membuat calon pembeli mengidentifikasi produk Anda. Maka dari itu pilihlah vendor cetak plastik kemasan terbaik di kota Anda agar dapat memenuhi poin-poin tersebut. 

Setelah mengetahui berbagai fungsi tersebut dengan baik, Anda bisa mempertimbangkan bagaimana gambaran packaging terbaik untuk membuat konsumen tertarik. Tidak perlu terburu-buru, pilihlah gambar sesuai kebutuhan dan keinginan pembeli.

Beberapa pebisnis sukses berpendapat bahwa dalam menunjang brand image, jangan membuat apa yang Anda sukai. Buatlah desain kemasan produk sesuai selera pasar untuk meningkatkan peluang pembelian.

Komentar

Postingan Populer